Inilah 8 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

By | March 9, 2017

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

8 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi – Ketahuilah Anda yang mempunyai keluhan tekanan darah tinggi bahwasanya terdapat makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Tentunya diperlukan sangat untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut karena mampu dijadikan sebagai obat alami.

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi yang sangat berbahaya dan mengancam jiwa jika tidak segera di atasi. Karena penyakit darah tinggi yang terus di biarkan akan memunculkan berbagai kondisi lainnya.

Pada umumnya tekanan darah tinggi sering menyerang usia tua, namun pada kebanyakan kasus sekarang usia muda juga dapat mengalaminya. Penyakit darah tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, serta aneurisma.

Bagi Anda yang mempunyai keluhan tekanan darah tinggi, terdapat makanan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Dan berikut makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi :

1. Pisang

Pisang memiliki kandungan kalium dan serat tinggi yang berguna untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, pisang juga mampu mencegah tekanan darah tinggi. Selain rasanya yang enak pisang juga dapat mengendalikan tekanan darah.

2. Kedelai

Kedelai mempunyai kandungan isoflavon, dan salah satu manfaatnya ialah mampu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Banyak sekali manfaat yang di peroleh dari mengkonsumsi kedelai untuk kesehatan tubuh.

3. Kentang

Nutrisi kentang sering hilang karena cara memasaknya yang tidak sehat. Padahal kandungan mineral, serat dan potasium pada kentang sangat tinggi yang sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah.

4. Cokelat pekat atau dark chocolate

Pecinta cokelat pasti akan senang, karena kandungan flavonoid dalam cokelat dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan merangsang produksi nitrat oksida. Nitrat oksida membuat sinyal otot-otot sekitar pembuluh darah untuk lebih relaks, dan menyebabkan aliran darah meningkat.

5. Alpukat

Asam oleat dalam alpukat, dapat membantu mengurangi kolesterol. Selain itu, kandungan kalium dan asam folat, sangat penting untuk kesehatan jantung.

6. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki sumber magnesium yang sangat baik. Tidak hanya melindungi Anda dari penyakit jantung, tetapi juga dapat mengurangi tekanan darah. Serta kandungan folat dalam bayam dapat melindungi tubuh dari homosistein yang membuat bahan kimia berbahaya.

Baca Juga : Bayam Cegah Batu Empedu

7. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari atau sering disebut dengan kuaci memiliki kandungan magnesium sangat tinggi dan mengandung pitosterol, kandungan tersebut dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol tinggi merupakan pemicu tekanan darah tinggi, karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Tetapi, pastikan bila mengonsumsi kuaci yang segar dan tidak diberi garam.

8. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, almond, kacang merah mengandung magnesium dan potasium. Potasium dikenal cukup efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa makanan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, saatnya Anda mengkonsumsi makanan-makanan tersebut untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jika kondisi darah tinggi Anda tidak kunjung menurun kami menyarankan untuk Anda agar melakukan pengobatan dengan ramuan herbal. Selengkapnya : Obat Penurun Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *